Mon. Dec 9th, 2019

Sejarah Kota Homs

2 min read

Masjid Kholid bin Walid Homs

Sejarah kota Homs oleh : Didi Syahputra

Ada kota di Suriah bernama Homs. Adanya berapa musim di kota ini, menyebabkan cuaca dan udaranya nyaman, pemandangan juga lebih indah karena banyaknya bunga.

Homs telah dikenal sebelum masehi. Sejarahnya berawal ketika Gesion berhasil mengalahkan warga pribumi Suriah yang berasal dari suku Aramis. Pada tahun 1.700 sebelum masehi Tahtamis III berhasil menundukkan Suriah ke dalam kerajaannya.

Sekitar 1.000 tahun sebelum masehi Homs tunduk di bawah kerajaan Nabi Daud As, lalu berganti tunduk di bawah kerajaan Bani Israel, tapi terkadang merdeka. Hal itu berlangsung beberapa waktu sampai Nebukatnezar, raja Babilonia berhasil menumpas Bani Israel dan menundukkan kerajaan mereka serta menawan tentaranya.

Ketika Alexander Akbar menaklukkan Suriah, kota Homs tunduk ke dalam kerajaannya. Dari tahun 332 sampai tahun 62 sebelum masehi,  Homs silih berganti masuk di bawah kekuasaan raja-raja Yunani. Tahun 64 Masehi kota Homs tunduk di bawah kekuasaan Romawi dan mengalami masa kejayaan, hingga warganya terus bertambah.

Anak-anak Suriah

Sepanjang sejarah, kota Homs terkenal dengan bangunan, pagar, benteng-benteng, jembatan, dermaga, masjid, kolam permandian, mesin-mesin penggiling serta rumah sakitnya.

Kota Homs juga mempunyai posisi ilmiah yang cukup penting, karena banyak ilmuwan, sastrawan dan puitisi terkenal yang lahir di kota ini. Di antaranya, Syekh Jamaluddin Muhammad bin Sam bin Wasil, pakar teology, fikih, ilmu falak, sejarah, logika dan geometri.

Syekh Syarafuddin Abdul Aziz Anshari yang lebih terkenal dengan julukan Guru di guru, Ibnu Khidr bin Kasim Al Khasawi ahli di bidang puisi. Ada pula pakar linguistik Tajuddin bin Muhammad bin Hibatullah Al Barmaki Al Khasawi, sedangkan di bidang sejarah terdapat Jamaluddin bin Barakat Al Khasawi. Tak hanya itu,  ada Yakut Al Khasawi, pengarang kitab Ensiklopedia negara-negara, yang juga terkenal sebagai ahli geology, sejarah dan penjelajah.

Di antara pakar fikih yang terkenal yang berasal dari Homs adalah Muhammad bin Muzaffar al Khasawi, Ibnu Razin Al Khasawi, Ibrahim bin abu Dam, Ibnul Fakih Ibrahim bin Nasr bin Takah, Ibnu Saadullah dan banyak lagi ilmuan lainnya.

Homs, kota yang sangat indah dan terdapat makam salah satu sahabat Rasulullah SAW, yakni Khalid bin Walid, kini telah hancur akibat kecamuk perang lebih dari 7 tahun.

Makam Kholid bin Walid Homs

Share Button
Total Page Visits: 213 - Today Page Visits: 1
Show Buttons
Hide Buttons